Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

6 Cemilan Lezat dan Bernutrisi untuk Ibu Menyusui

Updated: Mar 11

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi karena ASI mengandung zat gizi yang paling sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun menyarankan pemberian ASI diberikan pada bayi usia 0–6 bulan tanpa asupan lainnya termasuk air putih.


ASI sebagai satu-satunya sumber nutrisi bayi di enam bulan pertama, nafsu makan para ibu menyusui biasanya meningkat. Jadi sangatlah wajar apabila ibu menyusui merasa mudah lapar. Namun penting bagi seorang ibu untuk lebih cermat dalam memilih asupan yang di makan untuk keberhasilan kualitas ASI.


Dilansir dari klikdokter.com cara paling utama untuk mendapatkan ASI berkualitas adalah seorang ibu harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsinya memiliki komponen karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Untuk mengatasinya, Mums tidak harus selalu dengan mengonsumsi makanan berat. Mums bisa mengonsumsi cemilan yang baik untuk kualitas ASI mums. Berikut rekomendasi cemilan lezat dan bernutrisi untuk para ibu menyusui yang wajib Mums coba.


1. Granola

Granola adalah jenis makanan yang umumnya terbuat dari beberapa campuran gandum, buah kering, kacang-kacangan. Granola bisa dijadikan sebagai pilihan cemilan lezat untuk ibu menyusui karena cemilan ini sangat kaya nutrisi yaitu mengandung zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat, serta dapat mendorong produksi ASI. Granola pun sangat praktis sehingga mudah di bawa jika Mums ingin berpergian.


2. Almond

Kacang almond bisa menjadi pilihan cemilan Mums sebab almond mengandung nutrisi esensial seperti vitamin E, B2, B3 dan B1 dan mineral penting seperti magnesium, tembaga, fosfor, kalsium, dan zar vesi yang merupakan zat gizi penting untuk ibu menyusui dan pertumbuhan bayi. Dengan konsumsi kacang Almond bisa mempercepat masa pemulihan setelah melahirkan juga loh Mums.


Menurut beberapa penelitian, Almond juga terbukti dapat meningkatkan tekstur ASI. Sering mengonsumsi kacang ini disebut mampu membuat tekstur ASI lebih kental. Apabila mums kurang suka mengonsumsi Almond secara langsung dalam bentuk kacang utuh, Mums bisa mengonsumsi dalam bentuk susu almond.


3. Pop Corn

Siapa sangka, ternyata cemilan yang satu ini baik juga dijadikan sebagai camilan sehat bagi ibu menyusui loh Mums. Popcorn yang terbuat dari bahan utama jagung memiliki serat yang sangat tinggi sehingga bisa membuat Mums kenyang lebih lama. Beberapa kandungan lainnya yaitu seperti protein, karbohidrat, kalsium, vitamin B1, B6, vitamin E dan fosfor.


Namun Mums usahakan mums memilih Pop Corn yang sehat tanpa banyak tambahan mentega, karamel, gula, perasa dan bahan lainnya, karena justru bisa menambah kalori dan mengurangi manfaat baiknya.


4. Coklat

Coklat seperti dark chocolate bisa menjadi pilihan cemilan lezat untuk ibu menyusui. Coklat hitam diperkaya theobromine (zat antiradang yang hanya terdapat pada tanaman kakao), zinc, sejumlah vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K.


Namun Mums harus membatasi konsumsinya dalam jumlah yang wajar. Meski kandungan kafein dalam cokelat memang rendah, efeknya bisa saja mirip dengan konsumsi kopi bila dimakan dalam jumlah berlebihan sebab menurut beberapa penelitian, konsumsi coklat hitam yang aman adalah 40gram per hari.


5. Yoghurt

Yoghurt dapat menjadi salah satu pilihan produk olahan susu yang mudah dan praktis untuk cemilan ibu menyusui. Selain rasanya yang lezat dan bisa mengenyangkan, kandungan protein dan kalsiumnya dapat melancarkan ASI loh Mums. Selain itu, mengonsumsi yoghurt selama masa menyusui dapat menghindari bayi dari berbagai iritasi pada kulit bayi yang sensitif.


Mums bisa mengonsumsi yoghurt dengan berbagai varian rasa, namun lebih disarankan untuk memilih produk yang rendah lemak.


6. Biskuit Laktasi

Biskuit juga praktis dan mudah dibawa sebagai menu camilan Mums saat bepergian. Saat ini sudah banyak produk biskuit laktasi yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Biskuit laktasi umumnya terbuat dari kombinasi seperti kacang almond, kacang hijau, gandum, dan flaxseed yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium, zat besi dan sejumlah nutrisi penting lainnya.


Nah, Itulah tadi enam pilihan cemilan yang lezat dan bernutrisi yang bisa Mums konsumsi saat menyusui. Cemilan mana nih yang jadi favorite Mums?

31 views0 comments