Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

Almond, Kacang Kaya Manfaat untuk Ibu Menyusui

Updated: Mar 16

Almond merupakan jenis kacang yang kaya akan nutrisi seperti serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin A, B, dan vitamin E dan mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti magnesium, tembaga, fosfor, kalsium, dan besi. Almond juga dikenal memiliki cita rasa yang enak dan gurih, maka tak heran jika jenis kacang ini banyak dijadikan sebagai taburan atau campuran pada beberapa produk.



Karena banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, kacang ini sangat baik untuk kesehatan terutama untuk ibu menyusui. Tidak hanya di konsumsi secara utuh sebagai cemilan sehat, kacang almond juga bisa diolah menjadi susu segar untuk dikonsumsi ibu menyusui. Lalu, apa saja manfaat kacang almond bagi ibu menyusui? Berikut beberapa manfaatnya:


1. Memperkaya kandungan nutrisi dan meningkatkan produksi ASI


Salah satu sumber protein terbaik bagi ibu menyusui yaitu terdapat dalam kacang Almond. Kandungan Almond dipercaya dapat meningkatkan ASI pada saat proses laktasi karena almond memiliki kandungan galactagogues, yaitu zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI secara alami dan efektif.


Hal ini juga di dukung berdasarkan beberapa hasil penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi kacang Almond secara rutin dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI. Bahkan ginekolog juga merekomendasikan untuk rutin mengkonsumsi kacang almond saat menyusui, karena kacang almond kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan bayi.


2. Sumber Energi


Ibu yang aktif memberikan ASI kepada bayi umumnya mudah merasa lelah karena banyaknya energi yang dikeluarkan pada saat menyusui. Aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga maupun ibu bekerja pun seringkali mempengaruhi daya tahan tubuh. Untuk mengembalikan energi yang hilang, kacang almond menjadi sumber energi yang tepat dalam meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui.


3. Meningkatkan Imunitas Tubuh Bayi


Tidak hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh Mums, manfaat mengkonsumsi kacang almond juga dapat meningkatkan imunitas bayi Mums. Sebab dalam satu butir kacang almond mengandung nutrisi penting untuk ibu menyusui seperti vitamin E, vitamin B2, B3, dan B1, serta jenis mineral seperti magnesium, tembaga, fosfor, kalsium, dan besi.Semua nutrisi tersebut baik untuk sistem imunitas bayi Mums.

Jika Mums semakin sering mengkonsumsi almond saat menyusui, maka kekebalan tubuh bayi Mums akan semakin meningkat.


4. Membantu menjaga dan menurunkan berat badan


Kenaikan berat badan yang di alami pada saat hamil maupun setelah melahirkan seringkali menjadi sebuah masalah bagi para Mums. Namun tahukah Mums bahwa kacang almond dapat menjaga bahkan menurunkan berat badan Mums? Almond kaya akan serat dan nutrisi yang dapat menurunkan nafsu makan Mums. Konsumsi almond juga dapat mempercepat proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak menimbun kelebihan lemak dan gula.


Di lansir dari laman Medical News Today, penelitian yang dilakukan selama empat minggu pada 137 peserta menunjukkan konsumsi almond sebanyak 1,5 ons mampu mengurangi rasa lapar, sehingga kacang almond juga dapat memberikan reaksi rasa kenyang yang lebih lama.


Jadi buat Mums yang ingin menjaga berat badannya, konsumsi almond dapat dijadikan sebagai solusi. Namun imbangi juga dengan pola hidup sehat ya Mums.


5. Menjaga Kesehatan kulit


Vitamin E dan A yang terkandung dalam Almond sangat baik untuk kesehatan kulit Mums. Di kutip dari doktersehat.com, kandungan tersebut berperan untuk mengatasi radikal bebas, melawan stres oksidatif, menjaga kesehatan kulit, mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini.


Jadi Mums tidak perlu khawatir akan kesehatan kulit Mums di tengah kesibukan dalam mengurus si kecil dan mengurus rumah, karena Almond dapat menjadi alternatif paling efektif agar ibu menyusui tetap dapat menjaga kesehatan kulitnya.


Bagaimana Mums? Sangat banyak kan manfaat dari mengkonsumsi kacang almond. Setelah mengetahui manfaatnya, Mums bisa mengkonsumsi kacang almond sebagai camilan siang dan malam hari selama menyusui. Mums juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk susu almond dan membelinya di sini.

43 views0 comments