Search
  • Safeya Adra

Bagaimana Cara Memilih ASI Booster Yang Terbaik?

Apa itu ASI Booster?

ASI booster adalah suplemen tambahan untuk ibu menyusui yang berfungsi sebagai penambah atau pelancar ASI. ASI booster dapat diperoleh dari berbagai bahan alami, seperti daun katuk, biji klabet, dan daun torbangun. Di pasaran, ASI booster tersedia dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, vitamin, teh, cookies, dan juga susu.

Cara memilih ASI Booster yang terbaik

Ada banyak produk ASI booster di pasaran. Gimana sih cara menentukan ASI booster yang terbaik? Berikut ini adalah 5 pertimbangan sebelum membeli ASI booster ya Mums:


a. Apakah mengandung bahan aktif pelancar ASI?

Tidak semua produk ASI booster mengandung bahan aktif yang terbukti melancarkan produksi ASI. Terlebih lagi, banyak bahan aktif yang digunakan itu tidak alami.


Contoh bahan aktif yang alami dan sudah terbukti adalah:

  • Daun katuk terbukti membantu meningkatkan volume ASI. Berdasarkan penelitian di Rumah Sakit Bersalin Yogyakarta yang diikuti oleh 90 ibu menyusui, ekstrak daun katuk dapat meningkatkan sebanyak 50,7% volume ASI pada ibu menyusui.

  • Biji klabet atau fenugreek mempunyai sifat estrogenik dan terbukti dapat meningkatkan produksi ASI. Dalam penelitian, biji klabet dapat meningkatkan volume ASI sebanyak 65% pada 75 ibu menyusui.

  • Adas merupakan bahan alami yang juga banyak digunakan untuk produk ASI Booster. Adas mengandung flavonoid yang dapat membantu fungsi hormon dan merangsang sekresi kelenjar ASI.

b. Apakah komposisi produk aman untuk ibu menyusui?

Produk ASI booster yang terbaik untuk Mums tidak mengandung bahan-bahan, seperti kafein dan alkohol. Jauhi produk-produk yang tidak menuliskan 'komposisi' pada kemasan produk nya dan cari yang sudah tersertifikasi PIRT atau BPOM.


Selain itu, hindari produk yang mengandung banyak bahan sintetis/buatan, seperti pengawet dan pewarna. Untuk Mums yang alergi terhadap susu sapi, carilah ASI Booster yang dairy-free seperti ALMONA Almond Milk. Berikut contoh label komposisi dan informasi gizi yang benar dan harus ada pada ASI Booster yang Mums beli:

c. Apakah kandungan gula nya berlebihan?

Selain memperhatikan komposisi produk, Mums juga perlu untuk memperhatikan kandungan gula dari produk ASI booster yang akan dikonsumsi. Banyak produk ASI booster yang dijual di pasaran mmpunyai kandungan gula yang sangat tinggi.


Kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes dan menaikkan berat badan. Mums harus hati-hati jika melihat produk ASI booster yang tidak menginformasikan kandungan gula nya lewat tabel nutrisi seperti gambar diatas.


d. Apakah rasa dan aroma enak untuk dikonsumsi?

Banyak ASI booster dipasaran yang berbau dan berasa seperti jamu karena bahan aktif yang digunakan. Contohnya, ASI booster yang berbentuk teh biasanya memiliki rasa "jamu" yang lebih kencang.


Jika Mums cukup sensitif terhadap bau-bau tersebut, cari lah produk dengan aroma dan rasa yang menyegarkan seperti wangi melati, lemon, dan buah-buahan lainnya. Untuk produk susu, Mums bisa memilih rasa yang lebih kuat seperti coklat atau pisang.


e. Apakah mengandung manfaat tambahan?

Selain menjadi produk untuk menambah dan memperlancar ASI, banyak produk ASI booster yang memberikan manfaat tambahan. Contohnya seperti ALMONA Almond Milk yang mengandung daun katuk untuk ASI Booster tetapi juga mengandung serat dan vitamin E yang tinggi.


Produk yang tinggi serat dapat membantu mengkontrol berat badan Mums pasca melahirkan. Vitamin E mempunya khasiat anti-aging karena tergolong sebagai antioksian sehingga dapat menjaga kesehatan kulit Mums.

169 views
 

Barefood (PT. Inovasi Pangan Nusantara)

Contact

WhatsApp: +628112550493

©2020 by Barefood (PT. Inovasi Pangan Nusantara)