Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

Ini 4 Manfaat Bayi Mandi ASI untuk Kesehatan Kulit

ASI memiliki segudang manfaat untuk bayi maupun sang ibu yang memberi ASI. Selain itu, ASI juga mengandung antibodi yang tidak bisa didapatkan bayi dari makanan atau pun minuman lain. Namun tahukah Mums selain diberikan secara oral kepada bayi, ASI dapat dijadikan sebagai air untuk memandikan bayi?


Bagi Mums yang memiliki kelebihan stok ASI yang disimpan dalam freezer dan bingung mengolah ASI perah yang telah mencair, Mums dapat mencoba memandikan bayi dengan ASI, karena ternyata memandikan bayi dengan ASI sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kulit bayi loh Mums.

Mengutip dari halodoc.com, ASI mengandung beragam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan zat antibodi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit bayi. Nah berikut adalah berbagai manfaat memandikan bayi dengan ASI untuk kesehatan kulit.


1. Meredakan eksim


Eksim atau disebut dengan dermatitis atopic adalah ketika kondisi kulit mengalami peradangan seperti kulit kemerahan, iritasi, kasar, dan mungkin bersisik. Eksim pada bayi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor lingkungan, keturunan, maupun kekebalan tubuh.


Untuk mengobatinya, selain dengan rutin menggunakan pelembap atau salap, mandi ASI dapat meredakan eksim pada bayi loh Mums.


2. Meredakan ruam pokok


Ruam popok pada umumnya sering dialami oleh bayi. Dilansir dari alodokter.com, ruam popok adalah iritasi dan peradangan kulit bayi akibat penggunaan popok. Ruam popok ditandai dengan kemerahan pada kulit bayi di daerah pantat, lipat paha, dan kelamin.


Biasanya ruam popok terjadi akibat paparan urine yang terkumpul di dalam popok. Meski ini tidak terlalu berbahaya, namun ini membuat bayi tidak nyaman dan seringkali membuat bayi rewel loh Mums. Nah untuk mengatasi kulit bayi Mums yang memerah karena ruam popok, Mums bisa memandikannya dengan ASI.


3. Meredakan luka akibat gigitan serangga


ASI mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan efek gigitan serangga pada bayi. Gigitan serangga pada umumnya dapat memicu kulit bayi mengalami bentol dan ruam. Mengutip pernyataan dr. Arina dari klikdokter.com, ASI mengandung antibodi imunoglobulin A yang dipercaya ampuh membasmi bakteri dan menyembuhkan infeksi. Jadi, menggunakan ASI untuk mandi bayi dapat menyembuhkan luka gigitan serangga dan luka lainnya.


4. Melembabkan kulit dan mengurangi rasa gatal


Dilansir dari laman situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ASI memiliki kandungan asam oleat, asam linolenat, dan asam palmitat. Asam oleat dapat melembabkan dan menyembuhkan kulit kering, sedangkan asam linoleat adalah unsur lain dari ASI yang dapat melembabkan, mencerahkan bintik-bintik, dan meminimalkan peradangan atau rasa gatal. Asam palmitat adalah asam lemak jenuh yang dapat melembabkan kulit.


Dengan mandi ASI maka dapat melembabkan kulit dan mengurangi rasa gatal. Kulit bayi akan lebih terhidrasi sehingga Mums tidak perlu khawatir bayi Mums memiliki kulit yang kering.

2 views0 comments

Recent Posts

See All