Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

Jangan Panik, Inilah Cara Menyimpan ASI Perah saat Listrik Padam

Listrik padam secara tiba tiba menjadi suatu ketakutan utama para ibu menyusui. Sebab ASIP (ASI Perah) beku yang telah cair atau ASIP yang bertahan di suhu ruang hanya bisa bertahan beberapa jam saja. Hal ini di dukung oleh pernyataan pakar laktasi dr Sylvia Haryeny, IBCLC yang mengatakan bahwa ASIP yang disimpan pada suhu ruangan sekitar 24 derajat Celcius hanya bisa bertahan hingga enam jam.

Saat listrik padam, baiknya Mums tidak perlu panik dan khawatir. Mums bisa melakukan cara ini agar saat listrik padam kualitas ASIP di ruangan pendingin tetap baik dan bisa dikonsumsi oleh bayi.

1. Tidak membuka pintu pendingin terlalu sering


Sebisa mungkin hindari membuka pintu pendingin terlalu sering saat mati listrik, sebab jika terlalu sering dapat mengubah suhu yang ada didalamnya. Perubahan suhu yang drastis dapat membuat kualitas ASI Perah juga berubah. Sebab prinsip penyimpanan ASI adalah semakin dingin suhu kulkas maka ASI bisa disimpan semakin lama, begitu pula sebaliknya. Jadi jika listrik padam sebaiknya pendingin jangan dibuka terlalu sering bahkan disarankan untuk tidak dibuka bila tidak mendesak.


2. Pastikan ruangan pendingin terisi penuh dengan ASIP atau es


Mums bisa menyusun ASIP yang telah beku secara berdekatan. Mums juga bisa menyiapkan ice gel atau kantong-kantong yang berisi es batu untuk mencegah cairnya ASI yang telah beku di dalam kulkas pada saat listrik padam. Hal ini perlu dilakukan agar suhu tidak berubah secara drastis. Saat ini juga sudah banyak produk yang menjual ice gel untuk kebutuhan ibu menyusui yang bisa Mums beli.


3. Gunakan termometer untuk mengecek suhu ruangan pendingin


Mums tetap bisa menyimpan ASIP dalam pendingin hingga listrik kembali menyala. Namun Mums perlu memperhatikan suhu di dalamnya. Termometer dapat membantu Mums untuk memantau suhu freezer saat mati listrik. Suhu yang disarankan untuk ASI yang telah beku yaitu kurang dari 4 derajat celius. Maka Mums sebaiknya selalu menyediakan termometer khusus makanan untuk ditempatkan di ruangan pendingin.


4. Pindahkan ASIP jika listrik padam berlangsung lama


Mengutip pernyataan dr. Sylvia Haryeny, IBCLC, dalam kondisi listrik menyala ASIP beku bisa tahan hingga tiga bulan, namun saat listrik padam biasanya ASIP sudah setengah cair, jika kondisinya masih ada bongkahan es maka saat lampu menyala ASIP bisa dibekukan. Lain hal jika ASIP beku sudah mencair semua, dalam kondisi ini tidak bisa di bekukan kembali.


Maka bila listrik padam cukup lama, Mums perlu memindahkannya ke tempat yang lebih kecil seperti cooler bag atau cooler box dengan es batu atau ice gel. Caranya, isi cooler bag sepenuh mungkin dengan es batu atau ice gel untuk meminimalisir perubahan suhu ruang yang drastis. Kemudian, bungkus cooler bag atau cooler box dengan handuk atau selimut.


Itulah beberapa tips untuk menyelamatkan ASI Perah pada saat listrik padam yang bisa Mums lakukan di rumah.

19 views0 comments