Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

Manfaat Pemberian ASI Hingga 2 Tahun

ASI adalah asupan untuk bayi yang manfaatnya tak tergantikan oleh apapun. WHO (World Health Organization) yang merupakan lembaga kesehatan dunia pun menghimbau agar semua ibu yang mampu, untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya selama 6 bulan pertama kehidupannya.


Namun setelah 6 bulan bukan berarti pemberian ASI harus berhenti. Mums tetap bisa menyusui si kecil hingga usia 2 tahun dengan di dampingi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Bahkan banyak pakar laktasi yang juga menyarankan anak untuk diberikan ASI hingga 2 tahun karena banyak manfaat yang di dapat.



Berikut beberapa manfaat pemberian ASI sejak lahir hingga usia 2 tahun:


1. Memberikan nutrisi kepada bayi


ASI mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan bayi di masa perkembangannya seperti protein, kalsium, dan vitamin. Maka Mums jangan khawatir bayi Mums kekurangan nutrisi bila bayi Mums hanya mengkonsumsi ASI tanpa dibantu susu formula. Tambahan nutrisi juga bisa Mums peroleh dari makanan pendamping ASI seperti buah dan sayuran setelah usia bayi Mums 6 bulan.


2. Meningkatkan sistem imun


Manfaat ASI lainnya yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas bayi. Seperti kita tahu bahwa bayi mudah terserang penyakit karena belum memiliki imunitas yang stabil. Bayi yang mendapat ASI eksklusif lebih jarang sakit dan tingkat mortalitasnya rendah. Maka bila Mums mengASIhi hingga 2 tahun imunitas bayi akan semakin kuat.


3. Meningkatkan perkembangan otak


Penelitian menunjukkan bahwa semakin lama seorang bayi menyusui, semakin tinggi kecerdasannya. Hal ini bukan hanya karena nutrisi yang ada di ASI. Bayi yang menyusu ke payudara kanan dan kiri memiliki kesempatan untuk menjangkau arah yang berbeda sehingga dapat melatih jangkauan dan pikiran bayi.


4. Mengurangi resiko terkena kanker


Ibu yang memberikan ASI eksklusif lebih kecil risikonya mengalami kanker payudara. Selain itu, mengutip dari alodokter.com, pemberian ASI juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker ovarium, diabetes, hipertensi, obesitas, dan serangan jantung.


5. Menurunkan berat badan ibu


Di lansir dari alodokter.com menyusui eksklusif dapat membantu Mums menjaga berat badan. Namun Mums juga perlu untuk menerapkan pola makan sehat, olahraga secara rutin, dan tidur yang cukup agar berat badan turun atau tetap terkontrol dengan baik. Apabila Mums khawatir akan nutrisi ASI selama Mums menjaga pola makan, Mums bisa mengkonsumsi ASI Booster rendah gula untuk melengkapi nutrisi ASI dan dapat menjaga berat badan Mums setelah melahirkan.


9 views0 comments