Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

6 Buah Bernutrisi yang Baik di Konsumsi Ibu Menyusui

Ibu menyusui disarankan untuk konsumsi makanan yang bergizi, sebab asupan yang bergizi sangat penting untuk nutrisi ASI. Hal ini menjadi penting karena nutrisi yang Mums konsumsi akan masuk ke tubuh bayi melalui ASI.


Beberapa ahli gizi pun menyarankan ibu menyusui untuk mengkonsumsi protein, beragam sayuran, dan termasuk juga buah-buahan untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Berikut rekomendasi buah - buahan bernutrisi yang baik Mums konsumsi selama menyusui.


1. Jeruk

Seperti kita tahu, jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini sangat baik untuk ibu menyusui. Bila dibandingkan dengan ibu hamil, ibu menyusui lebih banyak membutuhkan vitamin C karena ini dapat menambah tenaga Mums pada saat menyusui. Selain itu, dilansir dari alodokter.com vitamin C juga berfungsi untuk menjaga kesehatan gusi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Vitamin C pun memiliki manfaat yang baik untuk pembentukan tulang, gigi dan otot pada anak, tidak terkecuali pada bayi yang baru lahir.


2. Pepaya Muda

Pepaya muda atau papaya hijau memiliki kandungan kalium yang lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Kalium sangat berpengaruh terhadap keseimbangan hormon, salah satunya hormon oksitosin yang memiliki pengaruh pada proses menyusui. Tak hanya itu, pepaya muda yang memiliki daging berwarna putih ini juga mengandung salah satu sumber energi seperti vitamin A, B, C dan E yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.


3. Pisang

Buah yang kaya akan asam folat ini menjadi salah satu jenis buah yang sangat baik untuk ibu menyusui. Pisang kaya akan vitamin, mineral, serta kalori yang baik untuk Mums pada saat menyusui si Kecil. Mengutip dari doktersehat.com pisang juga merupakan obat pencahar alami dan membantu pencernaan. Buah ini kaya akan kalium serta serat yang tinggi, sehingga pisang menjadi pilihan buah untuk ibu menyusui dan si kecil. Maka tak heran jika banyak jenis produk makanan dan minuman si Kecil dan ibu menyusui yang mengandung pisang sebagai bahan campurannya.


4. Alpukat

Buah lainnya yang baik untuk ibu menyusui dan bayinya yaitu Alpukat. Alpukat yang mengandung lemak, sumber vitamin dan mineral, serta asam folat ini baik untuk menunjang pertumbuhan bayi. Asam folat yang terkandung juga dapat memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia pada ibu menyusui. Dalam satu buah alpukat juga terdapat Omega 3 dan 6 yang mampu mengoptimalkan perkembangan otak bayi.


5. Mangga

Mangga juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu menyusui karena mangga mengandung banyak antioksidan, vitamin C dan vitamin K. Vitamin C yang ada di dalam mangga sangat baik untuk menyehatkan tulang, gigi, ligamen, dan pembuluh darah Mums dan bayi Mums. Kandungan serat dan kalium dalam mangga juga dapat membantu ibu menyusui memenuhi kembali asupan gizinya.


6. Kurma

Menurut jurnal yang diterbitkan Journal of Pediatric Sciences, kurma merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui. Hasil riset ini menunjukkan bahwa kurma dapat meningkatkan produksi ASI secara signifikan. Hal ini didasari karena kurma mampu mendorong produksi hormon prolaktin yang merupakan hormon perangsang produksi ASI, sehingga dapat dikatakan bahwa kurma dapat membantu tubuh untuk memproduksi ASI lebih banyak.


Itulah enam buah bernutrisi yang baik untuk Mums konsumsi selama menyusui. Mums bisa mengkonsumsinya setiap hari sesuai selera Mums agar nutrisi dan kelancaran ASI Mums tetap terjaga.

21 views0 comments