Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

Makanan dan Minuman yang Perlu di Batasi Ibu Menyusui

Updated: 7 days ago

Seperti kita tahu, bahwa ASI memiliki peranan yang sangat penting untuk bayi yang berusia 0 – 2 tahun. Maka dari itu penting untuk Mums memperhatikan kualitas ASI. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan membatasi beberapa makanan dan minuman tertentu yang dapat berdampak buruk bagi Busui dan bayinya. Sebab tak hanya ibu hamil, ternyata ada pula beberapa makanan dan minuman yang perlu dibatasi oleh Mums yang sedang menyusui loh. Nah, berikut beberapa makanan dan minuman yang harus Mums batasi selama menyusui.

1. Minuman Kafein


Kopi merupakan salah satu pantangan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Mengutip dari sehatq.com, kopi sama halnya seperti teh, minuman bersoda, serta minuman berenergi mengandung kafein yang bisa berpengaruh terhadap ASI. Bayi pun sama seperti orang dewasa, tidak dapat mengeluarkan kafein dari dalam tubuh secara efisien. Apabila terus dibiarkan maka tumpukan kafein pada tubuh bayi pada akhirnya berisiko menimbulkan iritasi, rasa gelisah, serta sulit tidur.


Sebenarnya Mums tetap bisa meminum kopi selama masa menyusui. Namun Mums harus membatasinya jika ingin mengonsumsinya, misalnya tidak lebih dari 3 cangkir kopi per hari.


2. Ikan tinggi merkuri


Ikan merupakan sumber nutrisi yang baik dikonsumsi oleh siapapun. Namun ada beberapa ikan yang menjadi pantangan untuk Busui loh Mums. Beberapa diantaranya seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan makarel, dan tilefish. Hal ini dikarenakan ikan tersebut mengandung merkuri yang sangat tinggi.


Di kutip dari halodoc.com, apabila Busui mengonsumsi makanan tersebut maka ASI juga akan mengandung merkuri yang tinggi dan bisa memengaruhi perkembangan neurologi bayi. Hal ini dapat menurunkan kemampuannya dalam belajar dan berpikir. Bahkan, paparan logam merkuri bisa membuat bayi mengalami gangguan bicara dan gangguan penglihatan.


3. Alkohol


Minuman beralkohol juga merupakan minuman yang harus di jauhi oleh Busui. Sebab minuman alkohol ini bisa membawa dampak buruk untuk ibu dan bayi. Apabila ibu mengonsumsinya secara berlebihan, maka alkohol tersebut akan berpegaruh terhadap ASI. Kandungan alkohol tersebut dapat menghambat perkembangan kognitif bayi. Bahkan Busui tidak disarankan untuk mengonsumsi alkohol sama sekali selama 3 bulan pertama usia bayi.


4. Makanan kalengan


Makanan kalengan tidak disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung zat pengawet yang tinggi. Dr. Karin Wiradarma, M. Gizi dari KlikDokter, menjelaskan bahwa makanan yang dikemas dalam kalengan juga biasanya ditambahkan garam dan gula sebagai penyedap rasa. Maka dari itu tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan kaleng ini, terlebih lagi bagi Mums yang masih memberi ASI kepada bayinya.


5. Makanan mentah dan setengah matang


Sama seperti ibu hamil, salah satu pantangan makanan untuk ibu menyusui adalah makanan mentah dan setengah matang. Sebab dikhawatirkan pada makanan tersebut masih terdapat mikroorganisme patogen (bakteri, jamur, cacing, dan ulat) dan zat lainnya seperti merkuri dan pestisida yang masih tertinggal di dalamnya.


Makanan mentah dan setengah matang ini berpotensi membuat Mums mengalami keracunan akibat infeksi bakteri dan bakteri tersebut dapat diserap oleh ASI, yang tentunya ini akan berdampak pula terhadap bayi yang diberi ASI.

6. Makanan pedas


Selain itu, mengonsumsi makanan pedas juga harus di batasi oleh Busui. Sebab makanan pedas sedikit banyak dapat memengaruhi rasa ASI dan bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping pada bayi yang diberi ASI seperti mengalami kolik, kembung, hingga diare.


Jadi apabila Mums menyukai dan terbiasa makan makanan yang pedas, sebaiknya selama masa menyusui mulai dikurangi ya Mums.

13 views0 comments