Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?

Updated: Mar 30

Mendekati bulan Ramadhan, tak heran jika masih banyak Mums yang bertanya-tanya, apakah ibu menyusui boleh ikut berpuasa selama bulan Ramadhan? Sebab boleh tidaknya menjalankan puasa untuk ibu menyusui sampai saat ini masih sering diperdebatkan. Hal ini dikarenakan para ibu khawatir mengenai produksi dan kelancaran ASInya karena harus menahan lapar dan haus dari pagi hingga sore selama kurang lebih 13 – 14 jam.



Faktanya, tidak ada larangan bagi ibu menyusui untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan selama tidak mengalami kondisi medis tertentu. Namun jika Mums ingin berpuasa saat sedang menyusui, sangat penting untuk memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Mums juga harus memperhatikan cairan dalam tubuh Mums, karena jika ibu menyusui kekurangan cairan akan berdampak pada menurunnya produksi ASI.


Dilansir dari klikdokter.com, ibu menyusui yang berpuasa selama 13–14 jam sehari tidak akan mengalami dehidrasi atau penurunan produksi ASI selama memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan. Berpuasa pada ibu menyusui pun tidak terbukti dapat memengaruhi kesehatan bayi secara signifikan. Pernyataan ini juga di dukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Khoshdel et al (2007), yang meneliti efek puasa Ramadhan pada ibu menyusui. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa puasa Ramadhan yang dilakukan ibu menyusui tidak berdampak buruk terhadap pertumbuhan bayi.


Namun di balik penjelasan sebelumnya, Mums harus mempertimbangkan usia bayi Mums juga ya sebelum memutuskan untuk berpuasa. Bayi berusia kurang dari 6 bulan yang masih diberikan ASI eksklusif kebutuhannya tentu berbeda dengan bayi berusia diatasnya yang sudah diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Jadi sangat dianjurkan untuk Mums yang masih menyusui eksklusif untuk menunda berpuasa terlebih dahulu. Agama Islam pun memberikan kelonggaran untuk ibu menyusui yang tidak berpuasa. Bagi ibu menyusui yang tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan bisa menggantinya dengan membayarkan fidyah.


Untuk Mums yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa, yuk simak beberapa tipsnya disini.

13 views0 comments
 

Barefood (PT. Inovasi Pangan Nusantara)

Contact

WhatsApp: +628112550493

©2020 by Barefood (PT. Inovasi Pangan Nusantara)