Search
  • Januariska Bayu Dwinanda

Kebaikan Mengonsumsi Asam Folat Selama Menyusui

Setiap harinya ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menunjang kualitas dan kuantitas ASI. Sebab hal ini berpengaruh terhadap ASI yang dikonsumsi oleh bayi. Salah satu nutrisi yang harus di konsumsi oleh ibu menyusui yaitu asam folat.



Asam folat merupakan vitamin B9 yang larut dalam air. Asam folat bisa Mums peroleh dari bahan-bahan makanan seperti sayuran yang berwarna hijau, kacang-kacangan, dan buah buahan. Mums juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk vitamin atau susu yang memiliki kandungan asam folat. Saat ini juga sudah tersedia asi booster yang fungsinya bukan hanya sekedar melancarkan asi, namun juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi seperti Almona Almond Milk.


Asam folat pada dasarnya dibutuhkan oleh semua kalangan, namun pada ibu menyusui dan ibu hamil kebutuhannya menjadi berlipat ganda. Bahkan pada ibu menyusui, asam folat yang dibutuhkan lebih banyak jumlahnya daripada ibu hamil. Dilansir dari laman alodokter.com, ibu menyusui setidaknya membutuhkan asupan asam folat sebanyak 500 mikrogram (mcg) setiap harinya. Hal ini dikarenakan kebaikan asam folat sendiri menjadi suatu hal yang penting, terutama untuk Mums yang sedang menyusui.


Nah, berikut beberapa kebaikan asam folat untuk Mums dan bayi Mums yang diberi ASI:


1. Mencegah anemia pada Ibu


Salah satu penyebab terjadinya anemia yaitu kekurangan asam folat. Maka sebagai pencegahan, Mums harus mengkonsumsi asam folat yang disarankan. Pada saat menyusui, bukan hanya ibu saja yang dapat terkena penyakit anemia namun bayi yang diberi ASI pun dapat terkena. Apabila ini dibiarkan maka akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kesehatannya.


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Kebaikan lain dari mengkonsumsi asam folat yaitu dapat meningkatkan imunitas tubuh pada ibu menyusui dan bayi yang diberi ASI. Bayi yang kekebalan tubuhnya masih lemah, menjadikan asam folat sebagai asupan nutrisi penting pada imunitasnya untuk mencegah bayi dari berbagai penyakit. Asam folat pun dapat membantu ibu mengembalikan sistem imun tubuhnya, terlebih lagi untuk ibu menyusui yang mudah lelah karena harus merawat bayinya, mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari, dan berbagai kegiatan lainnya.


3. Membantu perkembangan otak anak


Manfaat asam folat pada bayi salah satunya juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif bayi. Berdasarkan hasil riset dari BMC Medicine mengenai asam folat, asam folat mampu meningkatkan perkembangan mental dan pengetahuan jangka panjang pada anak-anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa asupan asam folat sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang lebih baik.


4. Membantu tumbuh kembang anak


Selain itu, asam folat juga berperan penting dalam perkembangan tumbuh kembang anak. Peran penting lainnya termasuk untuk membangun DNA dan RNA di dalam tubuh anak, yang membantu Si Kecil tumbuh lebih cepat.

9 views0 comments